Dalam pembentukan sebuah radio (komunitas) diperlukan sebuah konsep awal sebagai panduan. Dalam hal ini, Radio ORYZA FM dengan gelombang 107.5 MHz. Pendengar yang ditargetkan adalah mereka mahasiswa dan staff Universitas Brawijaya Malang beserta masyarakat umum sekitar, dengan informasi yang dikemas sedemikian rupa (semi-formal) sehingga targeted listeners dapat diraih secara bersamaan.

Tujuan dari didirikan radio ini adalah sebagai sarana penyebarluasan informasi dari dunia pendidikan pertanian, serta sebagai jembatan antara Universitas Brawijaya dengan komunitas intelektual (mahasiswa, dosen dan pegawai) beserta masyarakat luas. Informasi berupa pendidikan, sosial, budaya, ilmu pengetahuan dan hiburan dikemas dengan efektif dan dinamis. Radio komunitas ORYZA FM juga menjadi satu-satunya perwakilan komunitas Universitas Brawijaya, menjadi Suara Brawijaya. Dalam penyelenggaraan dikemas dengan semi formal dan profesional.

TAGLINE : SUARA BRAWIJAYA
SAPAAN : REKAN BRAWIJAYA
SES : A,B,C
AGE : 17 – 40 TAHUN
GAYA BICARA : SEMI FORMAL
FREUKUENSI : 107.5 MHZ
PEMANCAR : RVR 300 WATT
LOKASI : GEDUNG SOSIAL EKONOMI FAKULTAS PERTANIAN

FORMAT PROGRAM/ FORMAT REDAKSIONAL Materi kata singkat dan padat (to the point) berdurasi ± 90 detik. Informasi yang diangkat meliputi pendidikan, Ilmu pengetahuan (edukasi), sosial, budaya, teknologi dan current issues. Dengan mempertebal sisi edutainment untuk pendengar. Dengan menyajikan sejumlah informasi bermutu yang aktual dan faktual dan semi formal, diharapkan sesuai dengan target listeners radio.
  • Insert / tips berupa informasi yang memiliki nilai educational + news value.
  • Penulisan skrip spot promo singkat, padat dan menarik serta mudah dimengerti. Dapat berupa dialog ataupun monolog. Dimana pada saat produksi spot dengan durasi maksimal 60 detik.
  • Penulisan Adlibs promo singkat dan padat serta berdurasi pembacaan maksimal 60 detik.
  • Menciptakan ID of the day / week / month disetiap special edition hari besar atau hari bersejarah. (contoh: Lebaran / Tahun Baru / Valentine / Hari Kebangkitan Nasional / dsb).
  • Berjiwa muda, aktif, bersemangat, mengikuti perkembangan terkini.

FORMAT PROGRAM

  • Pendidikan : 40 %
  • Current Issue & informasi: 40 %
  • Musik & Hiburan : 20 %

Setiap hari besar dan atau bersejarah yang dianggap menumental digelar program special edition.

FORMAT MUSIK

  • Musik yang dimainkan adalah Contemporary Hit Radio (CHR), Adult Contemporary (AC), Indie dan Indonesia ( kecuali pada special program yang tidak mengharuskan pemutaran musik-musik tersebut).
  • Di acara reguler musik CHR dan AC lebih dominan.
  • Komposisi pemutaran musik, Barat 60% – Indonesia 40%.


JADWAL PROGRAM ACARA

INILAH KAMI…..

LEARNING….

EVENT….



ON AIR….